Wednesday, December 19, 2007

Forum Terbuka Ibii "Speak Up Your Mind"


Today berjalan begitu lamban tapi terasa begitu cepat ketika sore udah datang...

Gue nulis blog ini diiringi suara adzan 'coz sebrang rumah ada mesjid en suara rintihan kambing.. WhY?? Karena besok Idul Adha bos.. Dan.. di hari terakhir kita kuliah sebelom liburan panjang sekaligus Natal en Taon Baru ini anak-anak Badan Perwakilan Mahasiswa alias BPM bikin forum terbuka buat mahasiswa/i Ibii buat numpahin uneg-unegnya dia Speak Up Your Mind yang diadain di Auditorium Ibii lantai 3 yang dihadiri sama sekitar 100 mahasiswa yang berniat nyampein uneg-unegnya sebagai wakil temen2nya


Jadi... tadi pagi gue sempet pergi ke SMA Budi Mulia di Mangga Besar buat promosi Ibii di Edu Fair nya mereka karena gue tergabung di Tim Marketing Ibii yang direkrut Ibii buat membantu narik-narikin anak baru... Well.. cukup sepi sih secara udah hari kedua pameran dan kemaren itu katanya rame banget pas hari pertama.. Tapi ya gue cukup banyak bertemu calon-calon orang tua murid yang anaknya bakal segera lulus dari bangku sekolah en ada niatan buat masuk ke Ibii...


So gue menjelaskan dengan penuh keramahan en berbagai bujuk rayu tentang semua kelebihan Ibii yang gue tau supaya para orangtua calon mahasiswa ini bisa menilai Ibii sebagai salah satu perguruan tinggi yang kompeten en bisa dimasuki anaknya ketika lulus nanti...


Namun kejadian berbalik ironis sekali ketika gue kembali ke Ibii siang harinya en mengikuti forum terbuka Ibii yang menghadirkan para "petinggi2" Ibii seperti Purek I Pak Hisar en Pak Thompson, Purek II Pak Budi, Purek III Pak Akrom sampai ke ga laen ga bukan pendiri, pemilik, sekaligus sosok yang paling dibanggain sama semua orang di Ibii yaitu Pak Kwik Kian Gie sendiri ikut hadir di acara ini.


Wah.. sebenernya gue seneng banget bisa dapet kesempatan untuk bertatap muka langsung dengan Pak Kwik yang gue yakin anak2 1 kampus pun seneng banget bisa ketemu langsung bahkan mengemukakan pendapat en berdialog langsung dengan beliau. Banyak banget hal yang ingin gue sampaikan namun sayangnya akhirnya terbatasnya waktu en banyaknya peminat bikin ga semua aspirasi bisa tersampaikan.


Satu hal yang bikin gue agak sedih, ternyata memang banyak banget keluhan yang disampein di forum ini mulai dari bidang akademik sampe ke fasilitas yang menurut pihak mahasiswa masih kurang banget.. Tapi sayangnya banyak diantara tuntutan tersebut yang menurut gue sebenernya ga bisa dijawab secara langsung tapi membutuhkan waktu untuk menjawabnya serta banyak hal yang bukan berada pada wewenang Pak Kwik yang notabene adalah pemilik.


Waktu forum tadi gue sempet agak iba dengan cecaran pertanyaan dan tuntutan anak-anak yang bertubi-tubi ke Pak Kwik. Sejujurnya gue juga banyak menyimpan kekecewaan dan banyak kasus di Ibii yang gue ingin segera diselesaikan tapi menurut gue hal tersebut merupakan tanggung jawab para staf operasional dan bukan salahnya Pak Kwik, tapi semoga Pak Kwik bisa ngeberesin semuanya dengan baik.


Tapi sejujurnya gue salut banget sama cara Pak Kwik menjawab pertanyaan.. Dia sungguh2 orang pinter yang memang pantes buat kita banggakan sebagai civitas akademika Ibii.. Cara menjawabnya bisa membuat sang penanya jadi berpikir kembali atas pertanyaannya dan menunjukan bahwa memang Pak Kwik punya 'kelas' tersendiri yang berbeda dengan teman2 mahasiswa yang masih 'amatir'. Keliatan banget Pak Kwik udah berpengalaman en bisa tetep menjaga wibawanya di depan berbagai tuntutan mahasiswanya.


Well.. ga ada yang sempurna di dunia ini en manusia emang ga pernah puas sama apa yang dia dapet.. Memang masih banyak kekurangan di sana sini en kita ga tau apakah aspirasi yang kita sampein bisa mendapat tindak lanjut yang memuaskan ato ngga.. Tapi setidaknya kita udah coba en forum ini berguna banget sebagai langkah awal dari perbaikan2 tersebut.. Kita doain aja Ibii bisa jadi lebih baik lagi en selama Pak Kwik masih ada gue yakin Ibii pasti bisa tambah baik terus di bawah kepemimpinan dia... So gue bisa tenang ngejalanin tugas Marketing gue di Ibii karna memang gue menjual jasa pendidikan yang bermutu...

No comments: