Tuesday, August 6, 2013

Uncertain

Haloo pembaca yang budiman (somehow kata budiman terlintas aja gitu di benak gue hehe), apa kabarnya? Hmm.. cukup lama sekali kayanya since the last time gue nulis macem2 yang bener2 uneg2 ga jelas.. Sekarang tiba-tiba aja keinginan buat menumpahkan uneg2 keluar lagi.. Kenapa begitu? I don't know. Mungkin ga ada orang yang tepat diajak curhat, atau mungkin rasanya ga tepat lagi curhat di sosmed karna sekarang sering mikir takut di judge orang dari status kita. Dan... kayanya juga ga tepat aja buat curhat di sosmed kurang baik kesannya... Dan.. yang bakal gue tumpahkan ga sepenuhnya curhat. Tapi pengennya supaya ketika udah ketulis nanti bentuknya adalah sharing yang terinspirasi dari kisah pribadi. Tapi.. ga sepenuhnya plek2an..

Intro yang cukup panjang? Well ya memang begitulah karakterisktik gue hehe... Mari kita mulai! Judul ini udah mendem lama jadi drafts dan tadinya mau gue lanjutin aja tapi kayanya udah terlalu basi akhirnya gue tulis dari awal. Judul yang gue ambil adalah Uncertain alias tidak pasti. Apa yang tidak pasti? Well I have to say, semuanya. Semua hal di dunia ini ga ada yang pasti. Jodoh, rejeki, kesehatan, mood. Paling kalo ada yang pasti tuh kematian. Serem ya. Tapi ya itulah kenyataannya.

Kenapa gue nulis hal ini? Karna bisa gue bilang setengah tahun terakhir ini terjadi pergolakan batin yang amat sangat dalam hidup. Intinya sih gue merasa ada ketidakpuasan yang membuncah dalam dada. Mulai dari soal pekerjaan sampai ke soal jodoh. Lalala yeyeye.. Ujung2nya begini deh. Tapi gue ga mau ngomong banyak soal pengalaman pribadi gue. Well tapi intinya pernah nggak sih merasa kalo mood kita akan sesuatu selalu aja berubah. Atau lebih tepatnya keinginan kita. Dan semuanya itu biasanya berkembang. Ada juga sih yang down grade, tapi biasanya makin tua kita akan lebih berkembang. Dulu kayanya punya cita-cita jadi polisi, jadi presiden, jadi dokter. Sekarang kayanya jarang kan cita-citanya sejelas itu. Biasanya udah lebih bergeser, ada yang pengen jadi kaya, pengen jadi istri konglomerat, atau pengen punya karir yang hebat.

I've told you before kalo gue pengen punya hidup yang bahagia. Bukan kaya raya, suami sukses. Tapi mau hidup seneng. Punya suami yang baik, keluarga yang akrab. Kerjaan yang ga mengharuskan gue jauh dari keluarga, bisa punya waktu masak buat keluarga, punya waktu santai2 di rumah. Setengah tahun yang lalu gue merasa gue udah mendekati itu semua. But then tiba2 sekarang gue merasa jauh lagi dari hal itu. Semua itu uncertain. Tapi kadang ketidakpastiannya bukan datang dari hal eksternal, tapi dari diri sendiri.

Jeng jeng... Barusan gue menyadarinya. Ketidakpastian itu bukan berarti kerjaan kita tiba2 ga enak ato hal2 luar jadi ga pasti. Tapi... kita sendiri yang berkembang. Hal2 yang terjadi di luar, gimana kita berinteraksi sama orang, gimana kita ngejalanin karir, gimana kita belajar dari pengalaman bikin kita berubah. Perubahan itulah yang bikin hal jadi ga pasti. Karna kita selalu berkembang.

Notes to myself, tadinya gue merasa gue kok merasa ga puas terus? Gue merasa hidup ini kurang indah buat gue. Tapi kemudian gue menyadari. Ini sebenernya sebuah berkah, dimana Tuhan dorong gue untuk terus maju. Bayangin deh kalo gue puassss terus sama apa yang gue punya. Berarti gue akan stuck di keadaan itu tanpa berkembang terus. Tapi justru semakin hari kita diajak untuk keluar terus dari comfort zone kita dengan terus ga puas dan mencari kepuasan lainnya. Dengan ga puas, kita akan terus berjalan, berlari, menuntut perubahan yang pada akhirnya akan buat gue semakin maju,

Mungkin ga akan selamanya ga puas ama kerjaan, apalagi soal jodoh masa ga puas terus? Pada saatnya gue yakin gue percaya Tuhan akan tunjukin saat yang tepat bagi gue untuk berhenti. Bukan berhenti untuk maju, tapi menyesuaikan diri untuk mempercantik keadaan tanpa beralih ke yang lain. Kadang gue merasa tua, merasa udah cukup dan pengen berhenti. Tapi Hey! I'm still really young haha.. Baru 1/4 abad. Masih banyak waktu gue untuk mencari, memutuskan yang terbaik, Saat ini, I have to declare I still want to grow and reach much bigger dream.