Wednesday, August 7, 2013

3 days at Laos

Sooo.. here we go again! Updating my blog! Kayanya sifat ini bener2 merata pada semua lini kehidupan gue yaitu moody. Sama seperti makan, gue seringgg banget addict sama satu jenis makanan en pengen makan itu sampe berhari-hari. Dikit2 makan itu dikit2 makan itu, sampe akhirnya gue eneg dan ga mau makan dalam waktu yang lamaaa karna bosen. Akhirnya setelah lama kangen baru makan lagi. Sama halnya dengan menulis blog. Kalo lagi pengen rajin banget, sehari nulis satu. Kalo lagi lupa udah ga nulis sampe berbulan2 haha... Anyway if you know me better you'll know when was the perfect time for me to write a blog. Kalo lagi galau, bingung mau curhat sama siapa. Akhirnya untuk mengalihkan perhatian gue nge blog. Haha..

Soo.. kita lanjutin cerita yang kemaren ya.. Kemaren kita cerita soal trip ke London dalam kunjungan kerja presiden Esbiway. Kejadiannya November 2012. Yang ingin baca London Trip bisa liat di post sebelumnya. Just one click away :)

So dari London kita take off sekitar jam 9-10 pagi. Di sana udah super parno gitu katanya bandara Heathrow keras banget jadi mending segala barang2 liquid cepet2 diserahin. Ada satu ibu wartawati Indonesia yang tinggal di Inggris karna nikah sama orang sana dia jadi kontributor wilayah Eropa. Semua barng liquid kita jadi milik dia. Mulai dari odol, sabun cuci muka, sampe minyak wangi. Lumayan deh satu kantong gede. Ehhh... tau ga sampe2 di bandara langsung naek pesawat ga pake dicek di metal detector segala. Rugi bener dah udah ngasi segala barang huhuhu..

Di perjalanan ke London-Dubai, gue nonton Inception. Tapi karna kepotong tidur gue ga selesai nonton filmnya. Nah, beda sama ketika Jakarta-London waktunya London lebih lama dari kita jadi walaupun udah terbang 16 jam kita sampe masih hari yang sama. Nah pas dari London-Dubai-Laos waktunya lebih cepet. Jadi kita pergi pagi, sampe Dubai udah malem. Padahal baru sekitar 9 jam perjalanan. Aneh banget jadinya, kita sarapan, makan siang, baru 2 jam dikasih lagi makan malem. Sensasi yang aneh. Di Dubai, semua orang belanja coklat, gue kekeuh kirim gambar konpers presiden ke kantor dengan internet yang leletos :( akhirnya sampe juga tapi gue ga bisa belanja oleh2 hiks.. Dari Dubai ke Laos, waktunya lebih cepet lagi. Kita pergi malem sampe Laos udah jam 10 pagi. Jadi kita tidur di pesawat malem itu. Bangunnya gimana perasaannya? Yaaa.. cukup ngantuk deh.. Mana sampe2 kita ga bisa istirahat lama, sorenya setelah sampe itu kita langsung kerja. Liputan penyambutan presiden di Istana Negara Laos. I have some pics here

Tampak depan Istana Kepresidenan Laos
 Tentara Laos kecil2, lebih pendek dari orang Indonesia
 Sore hari di Istana Negara Laos
 Tampang udah lelah jetlag kucel hehe.. biasa di London dingin di Laos panasss

Oh ya, sebelom kita liputan ke istana itu, kita sempet diajak makan ke resto di Laos. Di sana gue duduk bersama orang2 Stafsus presiden. Aditya Maulana, Mas Lerenov, dan kameramen lainnya. Para pemred sih duduk di meja depan. Kita yang junior2 di meja belakang, makannya bisa lebih ga jaim haha.. Lagian yang pemred en redaktur senior obrolannya lebih berat kayanya hehe.. Oh ya, setiap tugas keluar negri, memang merupakan kesempatan baik buat kita pergi. Karna kadang kantor menugaskan pemred dan redaktur seniornya untuk pergi. Ya iyalah, mereka senior pasti pengen juga kan jalan ke negara yang cukup jauh hehe.. Lagian kadang permintaan presiden juga. Biar bisa ngobrol langsung sama para pemred. Makanan di Laos mirip sama makanan Thailandl. Too bad gue lupa poto2 hikss.. Tapi ya mirip2 de sayur di cah, sama dimasak asem manis. Mrip chinesse food juga gitu de. Tapi kalo soal tata kota, Laos bisa dibilang lebih kurang teratur dibanding Bangkok atau Jakarta. Laos tuh kaya di Garut ato Sukabumi gitu deh. Masih kurang kota hehehe...

Lanjut ya.. Tadi setelah makan dan liputan ke istana, kita pun balik ke hotel. Malem itu gue pengen manfaatin buat jalan2 di kota Laos. Gue pun ngajak Adit dan Esthi buat jalan2 serta Mba Titin pemred Trans 7 dan Mba Santi senior redaktur radio Elshinta. Kita nuker duit dollar kita jadi duti Laos di hotel. Namanya apa aja gue udah lupa. Gue rencana beli sabun muka yang gue tinggalin di London, dan ngemil2 di malam hari. Di perjalanan ga taunya kita ketemu sama Pak Osdar redaktur senior Kompas. Kalo pernah baca Sisi Lain di koran Kompas dialah orangnya. Lucuuu banget orang ini hahaa.. Ibaratnya tuh kaya Cu pe tong bocah tua nakal jail2 gendut lucu gitu orangnya hehe.. kita pun mampir ke satu Cafe dan makan di sana. Gue nyobain Phad Thai makanan Thailand punya Adit serta mesen beer Laos. Gue pun memesan sushi Laos. Yang ternyata... berupa dadar telor gulung isi daun2an :( kecewa saya hahaa... Tapi beer nya enak!
 Stall Bubble Tea di jalan, ga sempet coba :(
 BeerLao, beer nya Laos. Ada Pak Osdar jadi background hehe
Sushi ala Laos

Jadi kita ketawa2 di sana sampe agak malem. Denger crita2nya pak Osdar yang lucu, terus kita balik. Para senior masih lanjut mau ke Bar Live Music. Kita yang muda2 memilih pulang dan bobo. Jetlag bo, udah gitu besok nya juga masih harus kerja, Secara kalo mereka kan bisa bobo bobo aja yaa. Ga musti kerja keras kaya kita hehe... Jadilah kita pulang dan bobo.

Besok paginya, agendanya adalah ASEM Summit yang berarti kita cuma nongkrong aja di convention centre while para pemimpin negara ngumpul di KTT itu. Gue sempet dateng ke convention centrenya, on cam di depan banner nya kemudian memilih untuk ikut Bu Ani yang ada spouse program di vihara2 di Laos. Mendingan gitu kan, gue jadi bisa liputan features ehehee.. Soalnya di KTT ga bisa ngapa2in. Jadilah gue bersama para wartawati ikut programnya ibu. Di sana gue kembali liputan dengan ngambil2 gambar vihara dan oncam seadanya dengan adit sebagai kameramen dadakan gue. di sini gue lumayan kerja keras karna sempet liputan ibu ani liat2 vihara. Ala2 blusukan Jokowi gitu deh jalan2 terus. Gue juga sempet doorstop bu Ani bersama dengan para wartawati lainnya. Wawancaranya sambil jalan mundur, yuk yak yuk banget deh gue VJ perkasa hari itu hehe.. Well here's the pic

Oh ya sebelom kita ke convention Centre, kita sempet beli oleh2 dan poto2 di salah satu monumennya Laos. Namanya Patuxai. Jadi dia kaya Monasnya gitu ada di tengah kota. Nah arsitekturnya itu sama kaya yang ada di Paris Arc de Triomphe alias gerbang kemenangan. Kenapa bisa begitu? Karena Laos memang bekas jajahan Prancis jadinya ini salah satu peninggalannya. Oh ya anyway daritadi gue di kota Vientiane ibuktanya Laos hehe...

Setelah itu malemnya kita balik lagi ke hotel untuk kirim gambar. Dan Masyaolohh... lama banget internetnya... Beda sama di London yang kirim gambar bisa cuma 10 menit, di Laos gue harus kirim gambar selama 4 jam! Lalala yeyeye.. Itu pun bukan dengan streaming tapi pake email. Bayangin, yang kita kirim itu video yang bisa ribuan MB, so ga aneh kan kenapa butuh waktu yang sangaaattt lama untuk mengattach videonya dengan koneksi internet yang super lelet?? Gue pun menghabiskan waktu dengan ngobrol2 sama si Adit sampe malem. Beberapa kamerawan lain malah give up dengan ga kirim gambar saking ga kekirim2 gambarnya luar biasa deh!

Besok paginya kita pun bersiap untuk pulang. Sebelom pulang ke Jakarta sekitar jam 1 siang, kita sempetin poto2 lagi, Kali ini gue poto bersama Tuk2 dan bendera komunis di sana hahaha.. Gue juga sempet foto bersama dengan para redaktur senior di sana. Seru banget dan betul2 pengalaman berharga bisa kenal sama mereka.
 Pak Osdar
 Pak Osdar with the girls Mba opi Majalah Kartini, Esthi, Mba Ipah Biro pers dan Mba Santi Elshinta
 Tuk-tuk di depan hotel yang sebrang sungai Mekong, sebrang udah Thailand hehe
 Katanya gue cocok jadi komunis muka Cina soalnya hehe
 Foto bersama bendera peserta ASEM Summit
Tentara Laos mengawal pesawat Garuda Indonesia

Setelah poto2 kita pun menuju bandara dan disambut oleh pesawat Garuda Indonesia yang setia menemani perjalanan kita selama seminggu yang sangat berkesan. Sekitar jam 4 sore kita kembali mendarat di Bandara Halim Perdana Kusuma. Sebagai oleh2 cerita ini, sekitar seminggu setelah kita pulang pak Osdar ternyata mengutip nama gue dalam sebuah kisah di Sisi lain Kompas. Ketika itu pak Osdar lagi cerita kita di Laos pas lagi di bar malam itu ngebeer sambil ketawa2. Kala itu gue bilang, "Lebih bagus Jakarta ya daripada Laos, tapi saya lebih pengen balik ke London." Haha.. ga sangka kalimat itu dikutip untuk dimasukkan ke koran nasional terbesar di Indonesia. Ketauan deh kalo gue London minded haha.. Tapi tetep kok, sebagaimana pun gue cinta London di Indonesia ada banyak orang yang gue cintai. Jadi biar bagaimana I still love this country! Thx for reading, see you in other post!

Unknown said...

nice trip story melzie :)

pak muliadi said...

KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.

Unknown said...
This comment has been removed by the author.